Ilustrasi bisnis

Ini Dia Fungsi Dan Tujuan Dari Ecommerce Warehouse Management

Ecommerce warehouse management menjadi cara baru dalam mengatasi terjadinya lonjakan penjualan dimana perusahaan harus memantau stok dan penjualan secara real-time yang akurat.

Sistem tersebut memberikan banyak kemudahan terutama bagi pelaku usaha besar sebab kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan serta dapat mengurangi beban pekerjaan.

Fungsi dari WMS

Berikut beberapa fungsi dari warehouse management system yang perlu Anda ketahui.

  1. Mengatur Seluruh Proses Transaksi

Keterlibatan teknologi WMS dalam dunia bisnis memang sangat menguntungkan dari segi tenaga, waktu dan biaya dibandingkan melakukannya secara manual. Dari awal hingga akhir, semuanya dibantu oleh sistem tersebut.

Seluruh aktivitas sejak barang yang datang dari supplier langsung disusun ke dalam rak sesuai kategori, kemudian mengambil barang ketika masuk pesanan, selanjutnya proses pengemasan dan pengiriman kepada konsumen.

  • Melacak Stok Barang

Melakukan pelacakan stok secara manual pasti membutuhkan waktu yang sangat lama dan menguras tenaga, dengan bantuan WMS perusahaan akan lebih dimudahkan dalam pelacakan stok barang yang ada di gudang.

Pelacakannya tentu sangatlah akurat, seluruh barang mempunyai riwayatnya masing-masing mulai dari kapan barang masuk ke gudang dan waktu keluarnya sehingga dapat meminimalisir terjadinya kerugian.

Semua barang akan diberikan barcode agar memudahkan ketika melacak melalui ponsel atau komputer.

  1. Merancang Layout Gudang Penyimpanan

Sebuah gudang penyimpanan punya luas yang berbeda tergantung seberapa banyak kapasitas barang yang bisa masuk. Makin luas akan semakin sulit pula untuk menemukan lokasi penyimpanan.

Dalam sistem WMS juga tersedia layouting lokasi penyimpanan yang memudahkan untuk pencarian lokasi rak sehingga sangat efisien terhadap waktu.

Tujuan dari WMS

Adapun tujuan dari penerapan ecommerce warehouse management oleh sebuah perusahaan.

  • Memudahkan Kontrol Barang

Mengontrol barang memanglah tidak mudah dan tak mungkin dilakukan manual selama 24 jam dalam seminggu. Dengan sistem tersebut barang di gudang akan tersimpan secara aman dan terlacak.

Sehingga pengimplementasian WMS di sebuah perusahaan e-commerce akan memudahkan untuk pengontrolan.

  • Mempercepat Kerja

Sudah jadi rahasia umum jika adanya campur tangan teknologi dalam sebuah pekerjaan akan mempercepat segalanya. Sama halnya dengan tujuan dari WMS ini adalah mempercepat segalanya.

Seluruh proses akan dilakukan secara cepat sehingga tak akan mengecewakan konsumen serta perusahaan pun akan memperoleh tingkat kepuasan berbelanja yang berpengaruh terhadap reputasi.

  • Mudah dalam penyimpanan barang

Penyimpanan barang di sebuah gudang memang tidaklah mudah, apalagi ketika pesanan masuk dan pekerja harus mencari lokasi penyimpanannya terlebih jika gudang tersebut begitu luas.

Dengan adanya layout map dari sistem WMS, pekerja tak akan kesulitan dalam melakukan penyimpanan dan pengambilan barang. Sangat efektif dan efisien penggunaannya.

Itulah fungsi dan tujuan mengapa ecommerce warehouse management sangat membantu pekerjaan terutama dalam hal pergudangan. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *