gambar food processor

Inilah Beberapa Hal yang Perlu Dihindari Saat Memakai Food Processor

Commercial food processor adalah sebuah alat dapur yang mempunyai beragam fungsinya. Tapi sayang, banyak orang yang masih salah dalam penggunaannya dari tidak maksimal hasilnya.

Walaupun memang cara penggunaannya cukup mudah, kesalahan kecil bisa membuat alat ini tidak bekerja dan bahkan bisa rusak. Nah, beberapa kesalahan yang sering terjadi dan perlu anda hindari yaitu,

Mengisi Mangkuk Sebelum Menyalakan Alat

Biasanya banyak orang yang mengisi mangkuk food processor dengan bahan makanan, baru kemudian meletakkannya pada mesin. Tapi sayangnya, dengan cara satu ini, pisaunya tidak dapat terpasang dengan baik.

Jadi ada baiknya memasang mangkok dahulu di mesin, lalu pisau. Barulah anda memasukan bahan-bahan kedalam mangkuk. Dengan begitu, pisau pun bisa stabil dan dapat bekerja maksimal.

Terlalu Banyak Mengisi Mangkuk

Pada mangkuk food processor, biasanya akan diberi tanda batasan maksimal dari isinya. Jadi anda jangan melebihi batas tersebut, dan bahkan lebih baik tidak melebihi setengah bagiannya.

Memproses Kacang Saat Masih Panas 

Kacang-kacangan misalnya almond maupun kacang tanah yang dimasukan langsung kedalam commercial food processor bisa membuat pisau cepat tumpul dan wadah yang cepat rusak. 

Selain itu, hasil dari kacang tersebut akan lebih lengket dikarenakan minyak yang belum mengerik. Jadi ada baiknya masukan kacang kacangan secara bertahap saat keadaannya sudah dingin.

Tidak Rajin Membersihkan Mangkuk Alatnya

Apapun bahan yang dimasukan dalam food processor, pasti hasilnya akan lebih halus daripada menggunakan tangan saja. 

Tapi anda perlu ingat, jangan menggunakannya tanpa berhenti sesekali. Anda perlu menghentikan kerjanya sebentar, lalu membuka wadahnya, dan ratakan bahan makanan yang terdapat di sisi mangkuk supaya bisa lebih tercampur rata dan halus.

Karena jika tidak  bagian yang berada di sisi mangkuk pasti tidak akan bercampur dengan baik dan membuat anda harus kerja dua kali.

Pisau Dapat Tumpul Di Kemudian Hari

Meskipun tajam, pisau dalam food processor dapat cepat tumpul saat dipakai terus menerus. Apalagi sudah dipakai bertahun-tahun, pisau yang digunakan pasti akan tumpul. Jadi ada baiknya jika anda secara berkala mengganti pisaunya dengan yang baru.

Dengan menghindari beberapa hal diatas, diharapkan commercial food processor yang anda miliki akan lebih awet dan tahan lama.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *