stop kontak hijau

Jangan Salah! Inilah Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membeli Genset Surabaya

Pemadaman bergilir setiap daerah kerap dilakukan guna menghemat pasokan listrik yang ada. Tentu, dengan adanya pemadaman listrik akan membuat pekerjaan anda mengalami kendala sehingga dibutuhkan penghasil listrik lain yang bisa membantu menyelamatkannya. 

Genset atau generator set hadir sebagai sumber listrik yang bisa digunakan. Namun, untuk membelinya anda perlu melakukan pertimbangan dengan matang. Lalu apa saja yang harus diperhatikan dalam membeli genset Surabaya? Yuk simak penjelasan berikut: 

  1. Jenis Genset 

Sebelum membeli, perhatikan jenis genset yang anda pilih. Lantaran, ada dua jenis genset yang tersedia yaitu genset silent dan genset open. Umumnya, genset silent dibanderol dengan harga lebih tinggi dibandingkan dengan genset open. 

Hal ini disebabkan oleh keunggulan genset silent yang diproduksi dengan canopy berlapis, mampu meredakan suara bising yang biasanya dihasilkan oleh genset konvensional. Namun, perlu diingat bahwa harta bukanlah satu-satunya pertimbangan, terutama jika kualitas genset yang Anda perlukan sangat penting.

Di sisi lain, genset open merupakan tipe genset yang tidak dilengkapi dengan box atau canopy, sehingga suara yang dihasilkan cenderung lebih bising. Genset ini biasanya dipilih oleh mereka yang memiliki ruang khusus, seperti power house, yang kedap suara. 

  1. Perhatikan Daya Listrik Yang Dibutuhkan 

Tidak hanya mempertimbangkan jenis genset yang akan anda gunakan, anda juga perlu memperhitungkan daya listrik yang dibutuhkan. pasalnya, setiap genset memiliki kekuatan listrik maksimal yang dapat dihasilkan. 

Untuk genset perumahan, tentukan kebutuhan listrik dengan memperhitungkan perangkat seperti TV, kulkas, lampu, AC, dan peralatan lainnya. Disarankan melebihi total daya yang diperlukan untuk kemungkinan tambahan peralatan di masa depan. 

Berbeda halnya jika anda membutuhkan genset untuk usaha atau perusahaan sebaiknya dipilih berdasarkan voltase yang diperlukan. Lantaran, penggunaan mesin akan lebih banyak dibandingkan dengan kebutuhan perumahan. 

  1. Garansi Produk Dan Ketersediaan Sparepart 

Umumnya, pembelian produk disertai dengan garansi, memberikan kepastian kepada pembeli terkait perbaikan atau penggantian produk jika terjadi kerusakan. Hal serupa berlaku saat membeli genset Surabaya, di mana perlu dicek apakah genset yang akan dibeli menawarkan jaminan produk selama 1-2 tahun ke depan.

Ketika menggunakan genset dalam jangka waktu yang lama, kemungkinan adanya masalah pada suku cadang menjadi faktor penting yang perlu dipertimbangkan. Ini menjadi pertimbangan krusial karena memastikan ketersediaan suku cadang yang mudah ditemukan akan mempermudah perbaikan jika genset mengalami masalah atau kerusakan.

  1. Fitur Genset Yang Ditawarkan 

Perkembangan teknologi yang cepat menjadikan fitur genset kian berubah setiap waktu. Perubahan genset yang semakin canggih tentu akan lebih memudahkan anda. Oleh karena itu, pertimbangkan fitur-fitur yang ditawarkan. 

Selanjutnya, perhatikan juga perlengkapan tambahan yang disertakan dalam paket genset, seperti kit roda dan kabel yang sudah termasuk. Pastikan Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli perlengkapan yang diperlukan saat memasang genset.

Sekian pembahasan mengenai hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli genset Surabaya. Jangan terlena dengan hal di atas agar tidak terkendala dalam menyediakan sumber listrik. Pastikan anda memperhatikan detail yang dibutuhkan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *