generator listrik

Tips Memilih di Tempat Jual Genset Jakarta

Generator Set atau sering disingkat sebagai genset memiliki fungsi yang penting. Terutama ketika terjadi pemadaman listrik dari PLN (Perusahaan Listrik Negara). Tersedia aneka tipe dan merk, juga jenis bahan bakar serta ukuran kapasitas genset yang bisa dibeli di tempat jual genset Jakarta. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Tipe dan Jenis Genset

Genset bisa menggunakan bahan bakar bensin atau solar. Genset solar cenderung lebih mahal harganya jika dibandingkan dengan genset bensin. Namun cukup lengkap pilihan ukuran kapasitasnya. Mulai dari yang terkecil sekitar 5 kVA hingga lebih dari 100.000 kVa. Bahan bakar bensin lebih mudah didapatkan namun risiko terbakarnya lebih tinggi. Sedangkan tipe genset ada yang termurah yaitu tipe genset open yang belum disertai dengan rumah genset peredam bunyi, sehingga suaranya masih bising, pada saat bekerja. Sedangkan jika ingin membeli genset yang tidak terlalu berisik pada saat dihidupkan, karena telah disertai dengan rumah gensetnya maka bisa memilih tipe genset silent. Bisa pula memilih tipe genset portable yang berbentuk ringkas dan telah disertai dengan roda. Sehingga mudah dipindah-pindahkan. Meskipun dari segi harga adalah tipe genset yang paling mahal apalagi masuk kategori jual genset Jakarta.

Ukuran Kapasitas Genset

Pastikan ukuran kapasitas genset yang hendak dibeli mampu memenuhi total kebutuhan pasokan daya listrik suatu bangunan, seperti hunian rumah, atau kantor ataupun rumah sakit dan lain sebagainya. Cara untuk mengetahuinya adalah dengan menghitung keseluruhan daya listrik berbagai peralatan listrik yang sehari-hari digunakan di bangunan tersebut. Satuan ukurnya biasanya adalah dalam watt (W). Sehingga guna mengetahui ukuran genset yang tepat, yang biasanya dalam satuan ukur kiloVolt ampere (kVa) maka perlu dilakukan konversi. Nilai patokan konversinya adalah 1 kVa per 800 watt. Rumusnya adalah,

Total kebutuhan daya dalam watt x 1/800 watt. 

Jadi jika total pasokan daya yang diperlukan adalah sekitar 400.000 watt atau 400 kilowatt, misalnya. Maka kapasitas genset yang perlu dibeli adalah 400.000 w x 1/800 w = 500 kVa. Oleh karenanya jangan beli genset dan jual genset Jakarta dalam ukuran kapasitas dibawah atau sama dengan 500 kVa. Namun beli genset berkapasitas 500 kVa lebih sedikit. Jangan terlalu besar selisihnya supaya tidak boros.

Merk dan Garansi serta Layanan Purna Jual

Merk genset yang telah terkenal cenderung lebih mahal harganya, jika dibandingkan dengan merk baru yang belum banyak dikenal. Hal ini karena biaya iklannya dibebankan kepada pembeli. Namun biasanya kualitasnya lebih bisa diandalkan. Cek bahan material pembuatannya. Pastikan kokoh dan presisi, akurat ukurannya. Cek juga dengan garansinya. Semakin panjang masa garansinya maka semakin menguntungkan. Pertimbangkan juga dengan kemudahan memperoleh sparepart dan layanan service purna jualnya.

Perhatikan beberapa tips di atas pada saat hendak membeli genset.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *