Ilustrasi brand moisturizer yang bagus

Brand Moisturizer yang Bagus untuk Kulit Sensitif

Kulit Anda gampang mengalami iritasi? Ini saatnya Anda perlu perhatian ekstra untuk mengatasi masalah kulit yang sensitif. Kulit yang kerap mengalami iritasi akan dibarengi dengan timbul gatal-gatal serta kemerahan. Biasanya hal ini disebabkan oleh paparan cuaca, alergi, atau bahan kimia. Cara efektif untuk mengatasinya adalah menggunakan brand moisturizer yang bagus.

Ciri Ciri Kulit Sensitif

Kulit sensitif pada dasarnya terjadi karena reaksi negatif akibat adanya rangsangan-rangsangan tertentu. Gejala kulit sensitif bisa Anda lihat secara kasat mata, antara lain:

  • Terasa kering, bersisik, atau pecah-pecah;
  • Terlihat memerah, meradang, atau bengkak;
  • Timbul rasa gatal, nyeri, atau terbakar;
  • Mudah beruntusan, berkomedo, atau berjerawat.

Ada pun penyebab kulit sensitif ada berbagai macam, di antaranya yang paling umum, yaitu:

  • Faktor keturunan atau genetik;
  • Faktor eksternal berupa lingkungan, antara lain disebabkan polusi, tingkat kelembapan, dan suhu;
  • Faktor kebiasaan, antara lain kurang tidur, merokok, stres, dan konsumsi alkohol;
  • Faktor kesehatan, seperti penyakit kulit, infeksi, atau alergi;
  • Faktor perawatan kulit, seperti produk skincare yang digunakan tidak cocok atau terlalu sering.

Tips Merawat Kulit Sensitif

Salah satu yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kulit sensitif adalah dengan menggunakan brand moisturizer yang bagus. Berikut tips memilih moisturizer yang cocok untuk membantu merawat kulit yang sensitif:

  1. Kandungan Moisturizer

Bahan-bahan yang cocok untuk kulit kering adalah bahan yang mampu menenangkan kulit yang sensitif dan terasa lembut. Ada pun bahan-bahan yang dimaksud, antara lain oatmeal, allantoin, avena sativa, calendula, dan bisabolol.

Selain itu, Anda perlu menghindari moisturizer dengan kandungan tertentu yang dapat menimbulkan alergi dan iritasi pada kulit. Bahan-bahan tersebut, antara lain sulfat, peraben, pewarna, pewangi, dan alkohol.

  1. Penggunaan yang Tepat

Waktu yang cocok untuk menggunakannya adalah setelah Anda membersihkan wajah. Gunakan moisturizer 2 kali sehari, yaitu pagi dan malam. Ada pun pembersih wajah yang cocok adalah pembersih atau sabun yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit Anda. Untuk hasil maksimal, hindari penggunaan air panas. Cukup air hangat atau dingin.

Brand moisturizer yang bagus adalah salah satu cara yang akan membantu mengatasi masalh kulit kering Anda. Bila terjadi seperti ciri-ciri kulit kering, jangan dibiarkan terus-menerus karena akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Gunakan moisturizer secara rutin dan tepat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *