membalas pesan dengan hp

Kenali tentang Chatbot dan Jenis-Jenisnya

Chatbot commerce sebagai salah satu bagian dari perkembangan teknologi, dimana Chatbot ini merupakan server cerdas yang di program untuk memberikan layanan balasan pesan teks atau pesan suara secara sistematis. Chatbot sendiri telah banyak digunakan oleh berbagai macam bidang yang menggunakan layanan pelanggan berupa pesan teks maupun pesan suara. Chatbot juga merupakan teknologi yang sering digunakan sebagai chatbot commerce, sehingga teknologi ini yang banyak digunakan untuk bidang bisnis.

Chatbot sendiri memiliki fungsi yang cukup banyak, misalnya sebagai alat mengirimkan pengingat serta notifikasi kepada pelanggan, kemudian dapat merespon keluhan dan berbagai pertanyaan dari pelanggan dengan cepat. Kemudian Chatbot juga berfungsi sebagai alat pengenal katalog dari produk terhadap pelanggan, kemudian dapat mengirimkan penyelesaian dan status tiketnya, dan yang terakhir dapat mengumpulkan feedback dari pelanggan.  Setelah mengetahui fungsi singkat dari chatbot, anda perlu mengetahui apa saja jenis-jenis dari Chatbot itu sendiri, berikut beberapa jenis chatbot yang mungkin bisa anda ketahui, diantaranya:

  1. Chatbot yang berbasis linguistik

Jenis Chatbot yang satu ini dirancang dengan baik untuk dapat memberikan control dengan yang tidak bisa di dapatkan di Al Chatbot. Jenis Chatbot ini dapat mengolah dan memikirkan jawaban dengan benar untuk suatu pertanyaan dan juga dapat merancang pengujian otomatis untuk memeriksa konsistensi dan kualitas sistem. Chatbot berbasis linguistik menggunakan metode pattern matching atau metode penyesuaian pola.

  1. Machine Learning (Al Chatbot)

Al Chatbot lebih dikenal sebagai jenis yang menggunakan suatu teknologi yang didukung dengan software Artificial Intelligence. Dengan berbasis lebih komunikatif, berbasis atau berdasarkan data, dan prediktif Al Chatbot menjadi jenis Chatbot yang lebih kompleks. Teknologi yang digunakan pada jenis Al Chatbot ini lebih canggih, interaktif, secara umum cukup mudah dipersonalisasi dibanding dengan Chatbot yang berbasis linguistik. Natural Language Understanding merupakan teknologi yang digunakan dalam Chatbot jenis ini supaya dapat disesuaikan dengan penggunanya, dengan metode yang digunakan adalah metode kontekstual. Contoh dari jenis ini adalah Chatbot WA.

  1. Chatbot model Hybrid

Chatbot dengan model hybrid ini merupakan yang cukup kompleks karena menggabungkan dua teknologi yaitu Artificial Intelligence dan linguistik sehingga mampu menghadirkan atau menghasilkan percakapan yang lebih rinci dari kedua jenis sebelumnya. Jenis hybrid merupakan sistem yang dapat membentuk percakapan tanpa data yang membuat perusahaan dapat meningkatkan kekuatan, serta jenis ini termasuk chatbot yang lebih cepat dan fleksibel.

  1. Chatbot model voice command

Chatbot dengan model voice command ini merupakan bot yang memberikan kepada pengguna untuk melakukan perbincangan atau percakapan melalui perintah dari suara, perintah suara ini dirasakan lebih praktis bagi para pelanggan untuk digunakan. Chatbot commerce ini mampu merespon dan menangkap pembicaraan hanya dengan suara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *