genset listrik

Menggunakan Genset diesel, ini 4 Kelebihan yang akan Didapat!

Anda yang saat ini menggunakan genset, pasti mengetahui bahwa genset tipe diesel adalah salah satu tipe genset yang cukup populer di Indonesia. Selain karena tipe yang satu ini mudah ditemukan atau banyak dijual, juga karena bahan bakarnya yang mudah untuk dibeli, namun ternyata ada juga beberapa kelebihan lain yang dimiliki oleh genset diesel tersebut, antara lain :  

  1. Dari sisi mesin

Dari sisi mesin, tipe yang satu ini memang cukup berbeda, karena menggunakan sistem pengapian kompresi, untuk menghidupkan baha bakarnya. Sedangkan untuk cara kerjanya genset diesel ini harus meningkatkan kompresi tinggi dan panas, tujuannya untuk meningkatkan temperatur mesin jadi naik.

  1. Perawatannya simple

Kelebihan kedua dari tipe genset diesel ini adalah dari sisi perawatannya yang terbilang cukup mudah, ketimbang tipe bensin. Dimana jika tipe bensin dilengkapi dengan busi, maka pada tipe diesel tidak.  

Selain itu tipe yang satu ini juga terbilang cukup handal, dibanding dengan tipe lainnya, ini juga yang menjadi salah satu alasan kenapa tipe ini dapat digunakan dalam jangka panjang.

  1. Mempunyai tenaga listrik yang besar

Dari sisi tenaga, tipe genset diesel ini juga mempunyai tenaga yang cukup besar, bahkan ada yang berukuran 30 KW hingga 6 MW. Untuk tipe berukuran kecil, genset tersebut banyak digunakan oleh kalangan yang memang berukuran kecil, seperti kalangan rumah tangga, untuk pertanian, restoran atau bahkan hingga rumah sakit. Tapi untuk genset dengan kapasitas besar biasanya digunakan oleh kalangan yang juga lebih besar, kalangan industri, pertokoan, mall, dan juga layanan komersial lainnya.

  1. Irit bahan bakar

Dari sisi bahan bakar, tipe yang satu ini jelas menggunakan bahan bakar solar. Tapi dibanding dengan tipe bensin, penggunaan bahan bakar tipe ini terbilang irit hingga 30%.  Sedangkan dari sisi harga, tipe ini terbilang lebih murah. Jadi bagi Anda yang memang membutuhkan genset dengan kapasitas yang besar dan irit, maka tipe genset diesel akan jadi pilihan yang bijak.

  1. Mesin yang kuat

Sudah sejak lama mesin diesel banyak digunakan di perlengkapan konstruksi termasuk mobil, hingga kalangan industri. Karena diesel ini terbukti kuat dan tahan lama. Itu juga yang menjadi salah satu alasan, kenapa kini dibuat genset dengan tipe diesel. Hasilnya mesin genset dengan tipe diesel ini jadi lebih awet, dan lebih irit.

Dari penjelasan di atas, jelas sudah, bahwa genset diesel ini memang cukup menguntungkan, tidak hanya dari sisi mesin yang tergolong kuat dan awet, namun juga irit. Ukuran kapasitas atau daya yang dimiliki oleh tipe ini juga terbilang cukup beragam, jadi tidak ada alasan lain, kenapa Anda tidak memilih tipe yang satu ini.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *