Ilustrasi Surat Jual Beli Rumah

4 Cara Mengajukan KPR yang Tepat

Jika Anda ingin mengajukan surat jual beli rumah, maka terdapat pengajuan cara KPR rumah yang tepat agar tetap mengikuti prosedur yang sesuai. Simak ulasannya di bawah ini. 

  1. Memilih Rumah 

Langkah pertama dalam mengajukan KPR ialah terlebih dahulu Anda harus memilih rumah yang ingin dibeli. Umumnya, tidak semua rumah dapat dibeli dengan menggunakan KPR. Oleh karena itu, Anda perlu menanyakan hal tersebut kepada broker properti atau Bank perihal daerah lokasi rumah yang memiliki program cicilan KPR.

Selain itu, Anda perlu untuk melakukan survei rumah yang menyediakan surat jual beli rumah tersebut. Apakah rumah tersebut memiliki lingkungan yang aman, seperti bebas dari banjir dan lain sebagainya. Dengan begitu, rumah yang Anda tempati akan nyaman dan tidak bermasalah di kemudian hari. 

  1. Mengetahui Detail Tentang Rumah

Apabila Anda telah memahami kondisi lingkungan di rumah tersebut, langkah selanjutnya ialah mengetahui secara detail mengenai rumah yang ingin dibeli. Anda perlu mengetahui harga rumah, uang muka, sistem cicilan, biaya lingkungan, dan lain sebagainya. 

Ukuran dari rumah pun perlu untuk Anda perhatikan apakah telah sesuai dan mencukupi. Fasilitas-fasilitas yang ditawarkan area rumah juga perlu Anda perhatikan. 

  1. Membayar Uang Booking 

Apabila Anda telah merasa yakin pada rumah tersebut, maka langkah selanjutnya dalam cara KPR untuk membeli rumah ialah memberikan uang booking sebagai bentuk tanda jadi pembelian rumah. 

Uang booking ini juga merupakan bukti pemesanan rumah agar rumah tidak dibeli orang lain. Namun, setiap developer perumahan biasanya memiliki aturan yang berbeda-beda mengenai, oleh karena itu Anda perlu bertanya persyaratan yang diajukan. 

  1. Mengajukan KPR pada Pihak Bank

Langkah selanjutnya dalam surat jual beli rumah ialah mengajukan kredit KPR kepada Bank. Anda perlu pilih Bank yang terpercaya. 

Biasanya dalam pengajuan KPR, Anda akan dibantu oleh developer. Namun jika rumah tersebut tidak memiliki developer, Anda perlu mengurusnya secara mandiri. 

Selanjutnya, Anda perlu memberikan seluruh dokumen dan persyaratan yang diajukan oleh Bank. Kemudian , Bank akan memberikan persetujuan tersebut dalam waktu satu bulan. Bank akan melakukan survei, termasuk melihat aktivitas keuangan Anda. Maka dari itu pastikan finansial Anda dalam keadaan baik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *