Kerugian Melakukan Kredit Mobil yang Sebenarnya Dapat Anda Hindari

Ada keuntungan pasti ada kerugian, apalagi ketika Anda akan mengajukan kredit mobil dp rendah. Tapi sebenarnya kerugian seperti ini dapat diatasi sejak awal. Anda hanya perlu lebih peduli dengan kondisi diri sendiri, dan keinginan Anda bukan atas dasar ego.

  1. Keuangan keluarga jadi bertambah

Membeli barang apapun secara kredit, termasuk melakukan kredit mobil baru pastinya akan memberikan beban tersendiri bagi keuangan Anda dan keluarga. Walaupun mobil tersebut dapat Anda gunakan, namun tentunya belum menjadi hak Anda sepenuhnya, selama proses pelunasan mobil tersebut belum selesai.

Jika ini yang menjadi masalah, ada baiknya jika Anda lebih bijak dalam memilih dan menentukan tenor pinjaman yang akan diajukan. Dalam hal ini jangan memilih tenor yang terlalu lama, namun juga jangan memilih tenor pinjaman yang terlalu pendek.

  1. Menambah utang

Kerugian kedua yang akan Anda dapatkan ketika melakukan kredit mobil, adalah menambah beban hutang. Hal ini sebenarnya tidak salah. Pada dasarnya ketika seseorang melakukan kredit, sudah pasti hutang yang dimiliki akan bertambah.

Tapi sebenarnya hal seperti ini dapat diatasi, ketika Anda mengetahui dengan benar bagaimana keuangan Anda sendiri. Misalnya saja, berapa pengeluaran Anda per bulannya, kemudian berapa penghasilan Anda per bulannya, akan lebih baik jika ditambah dengan penghasilan yang didapat dari tempat lain, misalnya saja bisnis, investasi dan yang lainnya.

Dari hal-hal seperti ini, Anda akan tahu, berapa total uang yang dimiliki, dan berapa kisaran hutang yang sanggup Anda lakukan. Akan lebih baik, jika total hutang yang Anda lakukan tidak lebih dari 30% dari pendapatan. Karena hal-hal tersebut belum dikurangi dengan pengeluaran Anda perbulannya.

  1. Bunga besar dan beban utang semakin besar

Bunga adalah salah satu momok yang cukup memberatkan siapa saja yang akan melakukan kredit. Apalagi jika harga kredit mobil yang Anda ajukan terbilang cukup mahal. Sudah tentu akan berimbas pada bunga yang harus Anda bayar.

Jika ini yang menjadi masalah bagi Anda, maka kembali pada kebijakan Anda dalam memilih mobil, dan tenor yang akan digunakan. Karena besaran bunga yang didapat juga tergantung pada lama tenor yang Anda pilih.

Jadi demikian beberapa kerugian yang akan Anda dapatkan ketika melakukan kredit mobil. Tapi seperti yang sudah dibahas sebelumnya, masalah kerugian tersebut, sebenarnya dapat Anda atasi dengan baik sejak awal.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *