Ilustrasi atap

Fakta Tentang Penggunaan Multiroof Pasir

Atap multiroof pasir atau yang dikenal juga dengan nama genteng metal pasir, merupakan jenis genteng metal namun memiliki tekstur permukaan yang seperti pasir. Banyak orang yang kurang menyadari keberadaan produk satu ini dan menganggapnya seperti genteng metal biasa. Berikut adalah fakta seputar genteng multiroof pasir. 

  1. Bobot Genteng Jauh Lebih Ringan

Genteng jenis multiroof yang memang berupa lembaran-lembaran membuat bobotnya menjadi lebih ringan. Namun, ternyata bobot dari genteng pasir metal sendiri bisa lebih ringan dari lembaran multiroof biasa. 

Rata-rata berat jenis genteng satu ini adalah 7 Kg untuk lembarang dengan luas 1 meter persegi. Tentu saja, ini termasuk sangat ringan. Hal ini menjadikan jenis genteng satu ini sangat ideal untuk daerah yang rawan gempa. 

  1. Lebih Ramah Lingkungan

Penggunaan atap multiroof pasir ternyata jauh lebih ramah lingkungan daripada bahan atap yang lain. Faktanya, lebih dari 60% genteng ini dibuat dari bahan daur ulang, terutama dalam daur ulang genteng metal. 

Jadi, genteng metal yang sudah rusak di daur ulang untuk mendapatkan produk yang baru. Tentu saja, hal ini membuatnya lebih ramah lingkungan. 

  1. Tidak Perlu Rangka yang Terlalu Rumit

Bobot yang ringan dan bentuknya yang lembaran membuat pemasangan multiroof pasir ini tidak membutuhkan yang namanya rangka atap yang rumit. Tidak seperti rangka atap lainnya yang perlu berbagai sambungan dan sebagainya. 

Cukup gunakan rangka yang sederhana namun kuat untuk menopang lembaran genteng metal pasir satu ini. Lebih baik, jika bahan rangkanya terbuat dari baja yang ringan. 

  1. Harga Lebih Terjangkau 

Jika dibandingkan dengan bahan genteng dan atap yang lainnya. Ternyata, harga multiroof pasir ini jauh lebih terjangkau. Harga per lembar bahan genteng ini hanyalah 70ribu sampai 100 ribu per lembarnya di Indonesia. 

Variasi harga ini tentu saja, dipengaruhi oleh banyaknya genteng yang dibeli, ketebalan yang dibeli, dan sebagaimana. Namun, tetap saja penggunaan genting ini akan jauh lebih murah. Hal ini akan membantu akan menghemat biaya pembangunan dan pembuatan atap. 

  1. Daya Tahan Lebih Tinggi 

Genteng metal pasir ini tidak terbuat dari satu jenis logam saja. Namun, tercipta dari berbagai jenis campuran logam. Hal inilah yang membuat genteng metal berpasir ini memiliki karakteristik tertentu dan terbaik. 

Genteng metal dengan tekstur ini dibuat dari campuran seng dan alumunium. Campuran ini juga sering disebut dengan Zincalume, yang memiliki karakteristik kuat dan daya tahan tinggi. Karena bahan ini memiliki sifat tahan pecah, anti jamur dan karat, tanpa rayap, dan sebagainya. 

Itulah fakta seputar atap multiroof pasir yang mungkin tidak banyak orang yang mengetahuinya. Jenis genteng satu ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin genteng yang mudah pemasangannya, awet, dan juga hemat biaya. 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *