mata uang dollar

Mengenal Berbagai Istilah – Istilah dalam Simulasi Kalkulator Kredit Mobil Baru

Pada saat Anda ingin membeli sebuah mobil yang masih baru di showroom, ada berbagai istilah yang umumnya akan dipakai untuk melakukan simulasi kalkulator kredit mobil tersebut. Misalnya saja seperti DP mobil, ADDB, TDP mobil, ADDM dll. Hal itu dapat dijumpai ketika Anda melihat sebuah brosur mobil. Ada baiknya jika Anda juga tahu istilah tersebut sekaligus simulasi kalkulator kredit mobil baru itu. 

Down Payment (DP) 

Down payment jika di artikan dalam bahasa Indonesia adalah uang muka. Hal tersebut berarti biaya yang wajib untuk dibayarkan pada awal transaksi sebagai tanda jadi dalam melakukan pembelian. 

Angsuran Dibayarkan di Muka (ADDM) 

ADDM ini memiliki maksud mengharuskan pembeli untuk melakukan pembayaran terhadap angsuran pertama bersamaan dengan DP. ADDM ini juga akan membuat TDP jauh lebih tinggi, tetapi dari segi tenor pinjaman akan berkurang untuk satu kali. Misalkan mendapatkan tenor 24 bulan akan berkurang menjadi 23 bulan. 

On The Road (OTR) 

Jika Anda menemukan istilah ini pada simulasi kalkulator kredit berarti kendaraan tersebut sudah layak jalan, karena kelengkapan surat-suratnya BPKB dan STNK sudah ada. Harga dari OTR ini akan termasuk dari harga beli ditambahkan untuk biaya kepengurusan surat-surat kendaraan bersamaan dengan biaya balik nama. 

Total Down Payment (TDP) 

Pada kalkulator kredit mobil TDP akan dihitung berdasarkan penjumlahan di antara biaya asuransi, DP, jasa kredit, dan juga angsuran yang pertama. 

Angsuran Dibayarkan di Belakang (ADDB) 

Jika Anda merasakan untuk simulasi kalkulator kredit mobil bekas terutama baru terhadap pembayaran ADDM ini memberatkan, maka Anda bisa menggunakan skema ADDB. Hal tersebut berarti nantinya angsuran akan dibayarkan di belakang. TDP akan menjadi sedikit lebih ringan dengan menggunakan tenor pinjaman tetap. Angsuran pertamanya akan dibayarkan pada bulan selanjutnya. 

Total Loss Only 

Merupakan sebuah jenis asuransi yang hanya memberikan jaminan terhadap kerugian secara total yang terjadi pada sebuah mobil, kerugian tersebut berupa kehilangan yang disebabkan oleh pencurian maupun kerusakan yang sangat berat yang disebabkan kecelakaan yang berada di atas 70%. Biaya asuransi TLO memang tergolong sangat murah, kurang lebih masih di bawah 1% setiap tahunnya. 

Pada perhitungan kalkulator kredit pihak leasing umumnya akan memakai gabungan dari kedua asuransi yang ada di dalam kredit mobil tersebut, yaitu asuransi Allah Riska di tahun pertama dan juga asuransi TLO pada tahun yang berikutnya. Namun jika Anda masih ingin memakai asuransi All Riska di tahun ke 2, maka Anda bisa menambah premi pada tahun yang kedua. 

Tenor 

Jangkauan waktu masa pinjaman yang umumnya akan ditentukan ke dalam jumlah bulan maupun tahun. Tenor untuk mobil bekas akan lebih singkat jika dibandingkan dengan tenor kredit mobil baru.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *