Mengenal jenis-jenis mesin genset

Genset atau generator set merupakan alat yang berupa mesin yang menghasilkan listrik. Genset sendiri pada umumnya terdapat dalam beberapa jenis, dimana hal ini diklasifikasikan berdasarkan bahan bakar hingga dari ciri-ciri fisik yang dimiliki genset atau generator set ini sendiri seperti jenis genset open ataupun jual genset silent. Berikut beberapa jenis dari generator set atau genset yang perlu anda ketahui, yaitu:

  1. Mesin genset bahan bakar gas

Mesin genset dengan bahan bakar gas merupakan jenis mesin genset yang pada umumnya secara fisik sama dengan mesin genset atau generator set pada umumnya. Namun yang membedakan disini adalah bahan bakar yang digunakan. Jenis genset ini menggunakan gas sebagai bahan bakar utama, yang jika kita totalkan harganya ketika pemakaian cukup mahal dibanding dengan genset dengan bahan bakar jenis lain. Mesin genset gas sendiri juga cukup variatif ada genset open dan di jual genset silent juga di pasaran.

  1. Mesin genset diesel

Mesin genset diesel sendiri biasanya merupakan mesin genset dengan bahan bakar yang terdiri dari solar. Mesin genset jenis ini cukup banyak jenis dan mereknya yang dapat anda temukan. Dari kapasitas sendiri mesin diesel memiliki keunggulan karena mesinnya ada yang mencapai klasifikasi hingga jutaan watt. Sehingga mesin dengan klasifikasi ini benyak digunakan untuk bengunan dan perkantoran sebagai pemasok listrik cadangan. Anda dapat menemukan mesin jenis ini di berbagai toko dengan jenis genset open ataupun jual genset silent.

  1. Mesin genset bahan bakar bensin

Hampir sama dengan diesel, jenis genset dengan bahan bakar bensin juga cukup mudah anda temukan di pasaran. Mulai dari watt terkecil hingga yang cukup besar. Tersedia dalam berbagai merek dan ukuran anda tidak perlu mengkhawatirkan pilihan untuk genset jenis ini. selain itu, untuk genset dengan bahan bakar bensin ini menghadirkan juga genset open dan genset silent yang bisa anda jadikan pilihan. Untuk kebutuhan dibawah 1000 watt pun juga bisa anda temukan dari jenis ini.

  1. Mesin genset portable

Generator set jenis ini merupakan salah satu jenis yang akan memudahkan anda jika membutuhkan listrik dengan kapasitas tidak terlalu besar dan mudah untuk dibawa kemana-mana. Generator set jenis ini dapat anda gunakan misalnya untuk aktivitas camping, menyalakan listrik di taman. Sehingga sangat praktis dan juga sangat berguna.

  1. Mesin genset turbin

Ini merupakan salah satu jenis mesin genset atau generator set yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik dengan kapasitas besar diatas 2.000.000 watt. Mesin generator set jenis ini mampu menyalakan listrik untuk satu kota kecil dengan menggabungkan beberapa turbin. Mesin ini memang tidak direkomendasikan untuk kebutuhan listrik rumahan, namun mesin generator set ini akan berguna untuk bangunan seperti gedung-gedung besar hingga perumahan modern atau komplek. Anda dapat menemukan mesin jenis ini di berbagai toko dengan jenis genset open ataupun jual genset silent.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *